Selasa, 08 Maret 2011

Fungsi Hormon Pada Wanita

Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar endokrin yang mempunyai efek tertentu pada aktifitas organ-organ lain dalam tubuh. Hormon seks merupakan zat yang dikeluarkan oleh kelenjar seks dan kelenjar adrenalin langsung ke dalam aliran darah. Mereka (hormon) sebagian bertanggungjawab dalam perkembangan organ seks yang normal. Hormon juga yang memulai seseorang mengalami pubertas dan kemudian memainkan peran dalam pengaturan perilaku seksual.

Efek hormon secara umum pada tubuh manusia:
1. Perubahan Fisik yang ditandai dengan tumbuhnya rambut di daerah tertentu dan  bentuk tubuh yang khas pada pria dan wanita (payudara membesar, lekuk tubuh  feminin pada wanita dan bentuk tubuh maskulin pada pria).
2. Perubahan Psikologis: Perilaku feminin dan maskulin, sensivitas, mood/suasana hati meski ada faktor luar yang bisa menyebabkan hal ini.
3. Perubahan Sistem Reproduksi: Pematangan organ reproduksi, produksi organ  seksual (estrogen oleh ovarium dan testosteron oleh testis).

Pada wanita, dari sekian banyak hormon, yang memegang peranan penting adalah hormon estrogen – progesteron (khusus wanita) dan androgen. Dalam tubuh wanita, jumlah estrogen dan progesteron lebih dominan dibanding jumlah androgen (hormon pria), sebaliknya untuk pria, hormon andorgen (testosteron) lebih dominan dibanding hormon estrogen & progesteron.

Fungsi Estrogen (hormon seks wanita) yang umumnya diproduksi oleh rahim yakni :
1. merangsang pertumbuhan organ seks anak perempuan, seperti halnya payudara dan rambut kelamin, dikenal sebagai karakteristik seks sekunder.
2. Estrogen juga mengatur siklus menstruasi.
3. Menjaga kondisi dinding vagina dan elastisitasnya, serta dalam memproduksi cairan yang melembabkan vagina.
4. Mereka juga membantu untuk menjaga tekstur dan fungsi payudara wanita.
5. Mencegah gejala menopause seperti hot flushes (rasa panas didaerah tubuh bagian atas dan gangguan mood)
6. Mempertahankan fungsi otak.
7. Mengatur pola distribusi lemak di bawah kulit sehingga membentuk tubuh wanita yang  feminine
8. Meningkatkan pertumbuhan dan elastisitas serta sebagai pelumas sel jaringan (kulit, saluran kemih, vagina, dan pembuluh darah).
9. Estrogen juga mempengaruhi sirkulasi darah pada kulit, mempertahankan struktur normal kulit agar tetap lentur, menjaga kolagen kulit agar terpelihara dan kencang serta mampu  menahan air.
10. Produksi sel pigmen kulit
11. Pada pria, estrogen tidak memiliki fungsi yang diketahui. Namun, kadar yang terlalu tinggi dapat mengurangi selera seksual, menyebabkan kesulitan ereksi, pembesaran payudara, dan kehilangan rambut tubuh pada beberapa pria.

Adapun fungsi dari hormon Progesteron:
1. Mengatur siklus haid.
2. Mengembangkan jaringan payudara.
3. Menyiapkan rahim pada waktu kehamilan.
4. Melindungi wanita pasca menopause terhadap kanker endometrium.

Fungsi Hormon Androgen (hormon cowo) didalam tubuh cewe:
1. Merangsang dorongan seksual.
2. Merangsang pembentukan otot, tulang, kulit, organ seksual dan sel darah merah.
Ketidak seimbangan hormon pada manusia dapat berakibat berbagai masalah, misalnya; 1. siklus haid yang tidak teratur.
2. Nyeri mestruasi yang berlebihan setiap hari
3. Keputihan terus menerus lebih dari 1 minggu
4. Obesitas atau terlalu kurus
5. Rambut mudah rontok
6. Tumor jinak dan tumor ganas payudara
7. Tumor di organ reproduksi (kista, kanker rahim)
8. Gangguan kesuburan
9. Jerawat yang tumbuh di wajah.
10. Hormon pula yang kadang membuat kita senang atau malah sedih tanpa sebab. Semua orang pasti pernah mengalami hal ini, terutama saat pubertas.
11. Yang pasti, setiap hormon memiliki fungsi yang sangat spesifik pada masing-masing sel sasarannya. Tak heran, satu macam hormon bisa memiliki aksi yang berbeda-beda sesuai sel yang menerimanya saat dialirkan oleh darah.

Penyebab dari ketidakseimbangan hormon-hormon pada manusia sebagai berikut ;
1. Kebiasaan hidup pasif dan tidak banyak bergerak (sedentary life style)
2. gemar melahap banyak makanan yang sangat tidak menyehatkan, dengan sendirinya juga membuat hormon tidak seimbang. Akumulasi lemak dalam tubuh menyebabkan hormon tidak seimbang, sehingga membuat sulit untuk menyingkirkan semua ekstra lemak yang ada.
3. Hal yang sama juga berlaku bila Anda terlalu berlebih dalam bekerja dan kurang istirahat. Kimia tubuh kita menjadi terganggu.
4. Management stres kurang baik.
5. Wanita yang mengonsumsi pil KB tanpa pengawasan medis paling rentan mengalami ketidakseimbangan hormon. Ini karena tubuh dipaksa mengikuti siklus hormon yang sudah diresepkan, dan bukannya membiarkan tubuh mengaturnya secara alami.
6. Demikian halnya dengan kehamilan, beberapa ketidakseimbangan hormon bisa jadi muncul, termasuk hipertiroidisme dan diabetes gestasional.
7. Usia senja juga menjadi faktor terpenting kenapa hormon menjadi tidak seimbang, baik pada wanita maupun pria.
Banyak gejala tidak menyenangkan yang terkait dengan menopause akibat "pensiunnya" fungsi ovarium.

Apabila kamu mengalami hal-hal seperti diatas, kemungkinan terjadi ketidakseimbangan horon yang bisa bersifat sementara bahkan terus menerus. Penanganannya adalah menerapkan Gaya hidup seperti olahraga teratur, diet menu lengkap dan seimbang, serta pola tidur yang teratur dan cukup. Semua itu akan membantu menyelesaikan masalah ketidakseimbangan hormon yang nantinya akan sangat berperan dalam menentukan fisiologi tubuh, meskipun beberapa orang secara genetik punya potensi mengalami ketidakseimbangan hormonal. Namun, jika  keluhan–keluhan tadi tidak berkurang selama lebih dari 3 bulan secara terus menerus sedangkan kamu sudah memperbaiki gaya hidup yang lebih baik, itu pertanda untuk kamu segera periksakan ke dokter.

3 komentar:

  1. Alhamdulillah sebuah ilmu yg sgt berharga u/ sy, semoga bermanfaat. Thanks gan !!

    BalasHapus
  2. trimah kasih berkat anda ..tugas saya sudh slesai ..

    BalasHapus